Monday, February 07, 2005

PipoQuacke til ga sih ejaanya....(^_^)

Kekuatan alam yang di belakangan ini sering disebut-sebut, dan menjadi sorotan publik adalah sebuah kekuatan alam yang paling di lupakan oleh orang. Soalnya yang paling sering terjadi di negara kita ini adalah bencana alam yang lain, seperti: kebakaran, banjir, angin ribut.

Sedangkan yang namanya gempa itu sama sekali terlupakan. Mungkin bukan terlupakan tapi lebi tepatnya adalah kurang mendapat sorotan media karena baru belakangan ini aja gempa itu begitu dahsyatnya sampai-sampai merengut nyawa manusia.

Karena setiap gempa itu hanya berupa goncangan yang cukup membuat pusing aja dan biasanya hanya sebentar ato tidak sampai mengakibatkan kematian.

Tapi semenjak bencana yang melanda Aceh pada 26 Desember 2004 orang-orang menjadi trauma, setiap ada goncangan sedikit saja mereka langsung melarikan diri ke tempat-tempat aman ato yang mereka anggap aman. Padahal belum tentu goncangan tersebut berbahaya.

Kekhawatiran yang pengen gw ungkapin itu sebenernya bukan masalah gempa itu aja. Sebenernya ada beberapa hal yang laen yang mao gw tulis lagi. Dan ini semua hanya buah pemikiran gw yang sempit ini.

Gempa yang terjadi di Aceh waktu lalu itu adalah gempa yang di bilang berasal dari gempa tektonik ato gempa yang terjadi akibat pergeseran antara lempeng-lempeng yang ada di Indonesia ini. Katanya ada tiga buah lempeng yang saling berhimpitan dan selalu bergeser sejauh 1 cm tiap tahunnya. Gw ga tau perhitungan tepatnya kaya apa, cuman kalo menurut berita yang gw tangkep waktu itu kayak gitu katanya, moga aja gw bener. Kalo salah mohon di cari sendiri mengenai kebenaran berita tersebut. (^_^)

Satu masalah yang laen lagi yang masi pengen gw tulis adalah, gempa yang di akibatkan oleh kekuatan yang laen. Kalo tadi gempa yang berasal dari saling bergesernya lempeng, skarang gempa yang di akibatkan oleh pergerakan ato letusan magma. Dengan kata laennya adalah gempa vulkanik. Karena menurut gw yang satu ini juga jangan sampe di luapin. Karena katanya hal yang seperti ini pernah juga melanda negeri kita yaitu pada tahun 1883 dimana gunung krakatau meletus dan menewaskan sebanyak 36.000 orang.

Itupun dengan catatan orang yang ketemu di masa itu. Gimana dengan orang yang hilang bisa lebi banyak lagi tentunya.

Gw bikin tulisan ini bukan buat nakut-nakutin, cuman sebagai pengingat aja kalo bahaya ato bencana alam yang itu masi banyak macemnya n semoga pemerintah mao lebih teliti dalam memberi peringatan dalam bencana alam gempa ini.

Dan semoga di kemudian hari kita bisa selalu mengingat bahwa pernah terjadi suatu ‘musibah’ dan semoga kita bisa lebih tabah lagi dalam menghadapinya.

Tadinya mao nge-post tentang weekend kmaren tapi ga jadi karena lom rampung di buat jadinya yg ini aja deh di post dolo.. (^_^)

No comments: