Thursday, February 14, 2008

Tisu Toilet Penyebab Pemanasan Global

Menurut IPCC (Intergovermental Panel and Climate Change) pada tahun 2005 akan terjadi peningkatan suhu 0,6 - 0,7%. Ketersediaan air di negara-negara tropis berkurang 10 – 30%, serta semangkin panjangnya musim panas dibandingkan dengan musim dingin.
Saat-saat ini sedang maraknya pembahasan mengenai pemanasan global atau global warming, karena sudah diperkirakan lebih dari setengah kota-kota besar di dunia akan terkena pemanasan global. Pemanasan global adalah meningkatnya suhu dipermukaan bumi akibat peningkatan jumlah emisi gas rumah kaca di atmosfer. Pemanasan global akan berpengaruh terhadap perubahan iklim yang dapat menyebabkan banjir dan erosi.
Ada satu contoh penyebab pemanasan global yang belum kita sadari yaitu tisu toilet, salah satu penyebabnya jutaan ton tisu toilet diperoduksi dari sebuah lahan hutan tropis yang digantikan kebun kayu akasia dan eucalyptus. Contohnya saja kalau kita pergi ke mall-mall atau kantor-kantor pasti di toilet banyak sekali tisu-tisu yang terbuang begitu saja. Padahal untuk menghasilkan sehelai tisu membutuhkan waktu yang lama sekali untuk memperoleh bahan dasarnya dan harus mengorbankan ekosistem alam. Tidak tanggung-tanggung industri bubur kertas (pulp) menghabiskan lahan hutan yang menjadi pengolah emisi karbon. Air yang semangkin berkurang akibat dari penebangan hutan yang buruk, pencemaran sungai-sungai oleh limbah pabrik bubur kertas dan tisu toilet berdampak pada percepatan perubahan iklim.
Sudah saatnya sekarang kita merubah gaya hidup kita, tidak konsumtif terhadap sumber daya yang tidak dapat diperbaharui dan menjaga kelestarian hutan. (HNA)

No comments: