Saturday, February 28, 2009

Alternatif, kata alternatif biasanya digunakan untuk menyebutkan sesuatu yang lain atau yang berarti adanya cara, jalan, ataupun dan lain-lainnya. hehehh... Pipo kurang ngerti juga artinya apaan. tapi kata alternatif ini juga sebenernya berasal dari bahasa inggris yang di serap menjadi kata Indonesia. Tapi menurut info yang terbaru, bahwa kita itu harus mengindonesiasisasikan bahasa, menjadi bahasa Indonesia yang baku. jujur ajah pipo aga kurang sreg klo ternyata bahasa itu di sulih arti, mungkin akan terdengar janggal dan aneh dan rasanya menjadi terlalu panjang.

seperti yang pernah pipo liat waktu nonton film di Tv, ada beberapa kata yang di terjemahkan kebahasa Indo, waktu itu liat film the core, yang bercerita tentang bumi yang berhenti berputar. Yang uniknya untuk bisa membuat bumi berputar adalah dengan menggunakan nuklir yang dipercaya sangat merusak. eh iya yang kan mo ngomongin terjemahan yah bukan mo ngomongin film heheh. ada satu kata yang pipo masih inget. sewaktu mereka menangkap tokoh yang bisa meretas internet di seluruh dunia. yup sodara setanah seair sebangsa, MERETAS, luar biasa sekali bahasa yang digunakan, kata ini di gunakan untuk terjemahan dari Hack-ing to Hack, kalo kata Hack sendiri dari bahasa inggris juga menerjemahkan bahwa kata ini artinya memotong. memang dalam kegiatannya hacking adalah memotong suatu sistem yang ada di komputer atau internet, sehingga kita bisa dengan leluasa melihat-lihat ataupun merusak suatu sistem komputer yang tersambung dengan internet.

tapi ko tiba2 diterjemahkan dengan kata MERETAS seh kedalam bahasa Indonesia, apa lacur. berasal dari bahasa apa pula MERETAS ini kalo di pisahkan imbuhan ME diawal jadinya RETAS. kata retas sendiri klo diterjemahin k bhasa inggris artinya rip apart. ato merobek secara paksa. hweleh ini dari pocket dictionary gw bilang gitu.

tapi juga rasanya masih kurang pantes kalo digunakan sebage bahasa terjemahan dari hacking.

No comments: