Wednesday, December 20, 2017

Pengungsi

Pengungsi secara definisi di google:"Pengungsi adalah seseorang atau sekelompok orang yang meninggalkan suatu wilayah guna menghindari suatu bencana atau musibah. Bencana ini dapat berbentuk banjir, tanah longsor, tsunami, kebakaran, dan lain sebagainya yang diakibatkan oleh alam." aga kurang rasanya, gimana kalo daerah itu sedang dalam konflik peperangan. apa ga termasuk sebagai pengungsi juga?

"Imigrasi adalah perpindahan orang dari suatu negara-bangsa (nation-state) ke negara lain, di mana ia bukan merupakan warga negara. Imigrasi merujuk pada perpindahan untuk menetap permanen yang dilakukan oleh imigran, sedangkan turis dan pendatang untuk jangka waktu pendek tidak dianggapimigran." ini penjelasan dari google juga. 

pipo menyimpulkan bahwa kedua kata diatas memeliki arti dan makna yang sama, dimana terjadi perpindahan orang individu atau kelompok dari satu daerah ke daerah lain. bedanya yang satu menetap, yang satu kemungkinan menjadi penetap.

Penulisan ini awalnya didasari oleh beberapa hari yang lalu pipo sedang aktif di ride-sharing app untuk motor atau kekiniannya Ojek Daring. mendapat penumpang saat di temui mereka itu terlihat seperti pengungsi karena tidak terlihat mewah dalam penampilan dan sangat sederhana, Pipo menjemput mereka untuk diantar ke sekolah mereka. Hal ini membuat pipo merasa bahwa mereka merupakan penduduk yang sangat hebat, karena mereka harus hidup di lingkungan baru dengan bahasa asing bagi mereka sendiri. Apalagi sumber pangan mereka, misal mereka biasa makan roti india, bakalan susah buat mereka untuk mencari bahan yang mereka butuhkan. juga.

Ada banyak permasalahan di negeri ini, tapi kita terlalu di sibukkan dengan pemberitaan mengenai politik, pemilu, korupsi, dan e-KTP. yang sangat diulur-ulur dalam pemberitaannya dan keputusannya. Sedangkan permasalahan seperti kependudukan, jumlah imigran yang datang mereka bekerja di sini mereka tinggal dimana itu juga menjadi permasalahan yang bisa juga diangkat, namun kita kembali tidak dibuat aware untuk masalah itu kita harus perduli sendiri untuk itu.

No comments: